WELCOME TO THE ENGLISH LEARNING CAMP - THE SITE THAT MAKES YOU WRITE. PLEASE DON'T FORGET TO LEAVE YOUR COMMENTS..... English Learning by Writing: English For Young Learners (3)

2009/07/12

English For Young Learners (3)


Bila kamu bercerita, pada intinya kamu melukiskan pengalaman, kegiatan, ataupun kejadian yang kamu alami di waktu lampau, waktu yang belangsung sekarang, maupun waktu yang akan datang. Dalam pelajaran yang terdahulu, kita telah mempelajari bagaimana mengungkapkan peristiwa yang kita alami sehari-hari, maupun yang tengah dialami, atau sedang berlangsung. Bagaimana, gampangkan? Ayo sekarang kita belajar bagaimana menceritakan kegiatan yang terjadi pada waktu lampau, artinya kejadiannya sudah lewat waktu kita bercerita. Kita akan membahasanya dalam Simple Past Tense.

Simple Past Tense, pola kalimatnya adalah:

Dalam membuat kalimat, subyek diikuti dengan kata kerja bentuk II atau bentuk lampau, contohnya:

           Aku menjenguknya kemarin.                            I visited her yesterday
           Ia menyapaku dengan ramah.                         She called me friendly.
           Aku pulang tengah hari.                                    I went to home at noon.
           Aku merasa bahagia.                                         I felt happy.

Dalam contoh di atas I diikuti dengan visited, she diikuti called, I diikuti dengan went dan I diikuti dengan felt. Visied, called, went, dan felt merupakan bentuk ke-2 atau bentuk lampau dari: visit, call, go, dan feel. Lebih jelasnya begini:

Bentuk I (present) Bentuk II (past)

                        visit                         visited
                        call                          called
                        go                            went
                        feel                          felt

Mungkin timbul pertanyaan, kenapa kata visit dan call menjadi bentuk lampau dengan hanya menambahkan ‘ed’, sedangkan kata ‘go’ dan ‘feel’ berubah bentuknya? Ya, itu pertanyaan yang cerdas.

Benar. Dalam Bahasa Inggris, kata kerja ada yang beraturan (regular) dan ada yang tidak beraturan (irregular). Untuk menjadikan kata kerja yang beraturan ke dalam bentuk II atau lampau, cukup dengan menambahkan ‘ed’ di belakang.

                mengunjungi              visit visit + ed visited
                menyapa                    call call + ed called
                berbicara                  
 talk talk + ed talked
                bekerja                       work wrok + ed worked

Beberapa ketentuan untuk membentuk Simple Past Tense kata kerja yang beraturan / regular verb:

• Kata kerja yang berakhiran –pe, hanya ditambah dengan ‘d’ saja

               hope – hoped
               note – noted


• Kata kerja / verb yang berakhiran – y, bila di depan huruf ‘y’ itu huruf mati (consonant), maka ‘y’ menjadi ‘i’ baru ditambahkan ‘ed’.

               belajar                         study - studied
               membawa                  carry - carried
               menjelaskan              clarify - clarified

• Kata kerja /verb yang berakhiran – y, bila di depan huruf ‘y’ itu adalah huruf hidup (vowel) dan huruf hidup itu mengikuti satu huruf mati, maka ‘y’ berubah menjadi ‘i’ dan ditambahkan ‘d

membayar               pay                       paid
berbaring                 lay                         laid

• Kata kerja /verb yang berakhiran – y, bila di depan huruf ‘y’ itu adalah huruf hidup (vowel) dan huruf hidup itu mengikuti lebih dari satu huruf mati, maka ‘y’ tidak berubah dan ditambahkan ‘ed

bermain                 play played
tinggal                    stay stayed

Perubahan kata kerja yang tidak beraturan (irregular verb), dapat dilihat di kamus atau di buku mengenai grammar. Biasanya disitu disertakan daftar irregular verb-nya.

Penggunaan Simple Past Tense:

• Untuk melukiskan peristiwa yang terjadi di waktu lampau dan berakhirnya juga di waktu lampau.

Sejam yang lalu aku akan pisang.        I ate banana one hour ago.
                                                                     (makannya sudah satu jam yang lalu, sekarang tidak lagi)

Ia melempar bukunya.                        She threw the book. (melempar bukunya sudah lewat,                                                                               sekarang tidak lagi)

• Untuk melukiskan dua peristiwa yang terjadi bersamaan atau hampir bersamaan di waktu lampau. Peristiwa yang terjadi pada klausa yang dimulai dengan ‘when’ terjadi lebih awal.

Aku menulis surat dan adikku menonton TV.                 I wrote a letter and my brother watched the TV. ( peristiwa membaca dan menonoton TV terjadi bersamaan)

Susunya tumpah ketika ia memecahkan gelas.           The milk spilled out when she broke the glass. (gelas pecah duluan, baru susunya tumpah)

Kita lihat hasil karya kita sejak pelajaran I dan kita tambahkan beberapa kalimat yang meggunakan semple past tense. Hasilnya seperti ini.


I get up at 5.30 o’clock every day, but I wake up early this morning. It is 5.00 o’clock in the morning now. I open the window and the stars are still shinning. Not like the stars, the moon is getting fade. As usual, I clean the bedroom and then I take a bath. I don’t forget to brush the teeth. While I am taking a bath, my mother is preparing my breakfast. It takes me around 10 minutes to get dressed. I usually have breakfast at 06.00. If I am in hurry, just take a slice of bread and drink a glass of water.

I go to school at 06.30. I often take the same route to go to school. But yesterday I took another way, as there was an accident in Jl. Antasari, the way I usually go through. I car hit a motorist from the behind. Since the motorist wounded seriously, some nearest residents sent him to the hospital. When I passed the location this morning, no more people crowded. They all went away.

There are many things to do in school. I learn to read, write, draw and sing. I listen to the teacher when she explains the lessons. Sometimes, she does not allow us to write anything while she is explaining the difficult subject. Yesterday, Ms. Anne got upset because while she was explaining, some students talked to one to another.

I go home at 12.00 and arrive at home at 13.00. After I take a rest for a few minutes, I have lunch. In the evening, I help my mother, study and watch the television. I go to bed at 21.00. When I went to bed yesterday, my mother was still watching the television and my father was reading a newspaper. Tonight they went to bed earlier; I got so tired. I did may works the whole day.

Dengan menambahkan satu tenses lagi dalam cerita itu kini ceritanya menjadi lebih hidup. Jadi semakin lengkap kamu memahami tenses, maka selain menulis lebih gampang dan lancar, cerita yang kita tulis juga lebih hidup dang manarik. Baiklah kita cukupkan sampai di sini dulu pelajaran kali ini, kita akan melanjutkan dengan pelajaran yang lain mendatang.

Selamar belajar.
the site keeper

Related Post



0 comments:

 
© free template