WELCOME TO THE ENGLISH LEARNING CAMP - THE SITE THAT MAKES YOU WRITE. PLEASE DON'T FORGET TO LEAVE YOUR COMMENTS..... English Learning by Writing: English for Young Learners (2)

2009/06/12

English for Young Learners (2)

Kali ini kita akan membahas bagaimana mengungkapkan kegiatan kita yang sedang kita lakukan. Misalnya saja saat ini kamu yang sedang membaca tulisan ini ingin mengatakan: ‘Sekarang aku sedang membaca artikel Bahasa Inggris di sebuah website’. Maka, dalam Bahasa Inggris-nya kamu bisa bilang: ‘Now, I am reading an English article in a website’. Kalau kita perhatikan kata kerja (verb) ‘membaca’ yang dalam kamus itu ‘write’, bentuknya kemudian menjadi am + reading. Dalam tata bahasa bentuk kata kerja yang demikian disebut Present Continuous Tense. Mari kita pelajari lebih lanjut tentang bentuk kata kerja dan penggunaan tense ini.

Present Continuous Tense

Bentuk kata kerja dengan present continuous tense ini mempunyai pola seperti ini

to be + kata kerja bentuk ing.

To be terdiri dari: am, is, are, was, were.
Penggunaanya dalam kalimat seperti berikut ini:

I am singing.
You are working.
He is sleeping.
She is crying.
It is raining.
You are all kidding.
We are swimming.
They are talking.

Contoh lain:

Saya sedang menulis surat untuk adikku perempuan – I am writing a letter to my younger sister.

Martina sedang membaca puisi di depan kelas – Martina is reading poetry in front of the class.

Pak Raden sedang mencuci mobilnya dengan air – Mr. Raden is washing his car with water.

Kami sedang memanjat gunung Merbabu – We are climbing Mount Merbabu.

Penggunaan present continuous tense:

1. Untuk melukiskan peristiwa yang sedang terjadi pada saat pelaku berbicara

I am reading an English article. ( saat ini sedang membaca)

2. Untuk melukiskan peristiwa yang masih berlangung, tetapi tidak harus terjadi saat ada pembicaraan.

I am writing a short story. (pada saat pembicaraa belum tentu sedang menulis, tapi proyek menulisnya memang belum selesai, masih berlangsung)

3. Untuk melukiskan peristiwa yang sedang berlangsung ketika suatu peristiwa terjadi

When I come in to the class, she is crying in the corner. (ketika saya masuk kelas, ia sedang menangis di sudut ruangan, menangisnya terjadi duluan)

Past Continuous Tense

Sekalian saja, ayo kita pelajari bagaimana kalau kita ingin mengungkapkan peristiwa yang sedang terjadi tapi waktunya sudah lewat, bukan saat ini. Misalnya: ‘Jam 7.00 kemarin, aku sedang menyanyi’. Itu gampang saja. Gantilah to be am dengan bentuk lampaunya, yaitu was, sehingga kalimatnya menjadi:
At 7.00 o’clock,  I was singing yesterday.

Untuk kalimat yang subject-nya I, you, we, they, tidak menggunakan was, tetapi menggunakan were. Were ini adalah bentuk lampau dari are.

I was singing.
You were working.
He was sleeping.
She was crying.
It was raining.
You were all kidding.
We were swimming.
They
were talking.

Penggunaan Past Continuous Tense:

Kapan tenses ini digunakan? Kita bisa menggunakan past continuous tense untuk hal-hal berikut:

1. untuk melukiskan peristiwa yang sedang terjadi pada waktu yang sudah lewat, jadi bukan saat pembicaraan terjadi.

I was listening to the radio all day long. (mungkin mendengarkannya seharian itu kemarin, bukan hari ini)

2. Untuk melukiskan peristiwa yang sedang terjadi diwaktu lampu, ketika peristiwa yang lain terjadi

Ina was finishing the exercises when he suddenly knocked the door. (sedang menyelesaikan latihan- mungkin kemarin- ketika ia mengetuk pintu.


Coba kita ambil cerita dari pelajaran yang kemarin, dan kita kembangkan dengan menambahkan beberapa kalimat yang menggunakan present continuous tense dan past continuous tense biar lebih menarik.


I get up at 5.30 o’clock every day, but I wake up early this morning. It is 5.00 o’clock in the morning now. I open the window and the stars are still shinning. Not like the stars, the moon is getting fade. As usual, I clean the bedroom and then I take a bath. I don’t forget to brush the teeth. While I am taking a bath, my mother is preparing my breakfast. It takes around 10 minutes to get dressed. I usually have breakfast at 06.00. If I am in hurry, just take a slice of bread and drink a glass of water.

I go to school at 06.30. I often take the same route to go to school. There was an accident in this street yesterday. When I passed this location, people were crowding here. But there are no more people now.

There are many things to do in school. I learn to read, write, draw and sing. I listen to the teacher when she explains the lessons. Sometimes, she does not allow us to write anything while she is explaining the difficult subject. I go home at 12.00 and arrive at home at 13.00. After I take a rest for a few minutes, I have lunch. In the evening, I help my mother, study and watch the television. I go to bed at 21.00. When I went to bed yesterday, my mother was still watching the television and my father was reading a news paper. Tonight, they went to bed earlier.

Dari cerita yang semula pendek dan sederhana karena hanya menggunakan simple present tense, kini kita telah menambahkan beberapa kalimat dengan menggunakan present continuous tense dan past continuous tense. Ceritanya menjadi lebih menarik bukan? Itu artinya dengan mempelajari bagian ini kamu lebih pinter dari pada saat kamu mempelajari pelajaran pertama. Kamu bisa lihat sendiri kan kalau semakin banyak latihan kamu semakin pinter?

Tugas kamu sekarang adalah mempelajari dan berlatih membuat kalimat, bicara, atau membuat cerita dengan acuan apa yang kita pelajari dalam pelajaran 1 dan ke-2.
Untuk sementara pelajaran kita sampai di sini dulu biar tidak terlalu banyak. Kita akan menyambungnya dengan pelajaran yang lain lagi, supaya kamu makin pinter.

(Bersambung……)







Related Post



0 comments:

 
© free template